Indonesian Chinese (Simplified) English

Pengenalan Tibetan Buddhism

Wajrayana atau kadang ditulis Vajrayana, adalah suatu ajaran Buddha yang di Indonesia lebih sering dikenal dengan nama Tantra atau Tantrayana. Namun banyak juga istilah lain yang digunakan, seperti misalnya: mantrayana, ajaran mantra rahasia, ajaran Buddha eksoterik. Wajrayana adalah merupakan ajaran yang berkembang dari ajaran Buddha Mahayana, dan berbeda dalam hal praktek, bukan dalam hal fil...

Pengenalan Tentang Palyul

Apa itu palyul? Palyul adalah salah satu 6 Biara Induk ari Sekolah Nyingma atau Tradisi Terjemahan Awal dari Buddhisme Tibet. Biara ini didirikan pada tahun 1665 di Provinsi Kham, Tibet Timur (sekarang Baiyu, Sichuan, China) oleh Kunzang Sherab, Pemegang Tahta Pertama Palyul. His Holiness Karma Kuchen Rinpoche (kiri), Pemegang Tahta ke-12 adalah Pemimpin Silsilah Palyul saat ini. Sebagaimana ya...

Tentang Silsilah Palyul

Pada tahun 1665, tahun Rabjung kesebelas ular kayu, Vidyadhara Kunzang Sherab (1636-1699) pada saat usia 30 tahun, Beliau tiba di Biara Palyul yang baru dibangun untuk mengambil alih posisinya sebagai Pemegang Tahta Pertama Silsilah Palyul.

 

Guru Utamanya, penemu harta karun tersembunyi, Migyur Dorje (1645-1667) telah menginstruksikannya: " Menurut nubuat Padmasambhava, waktunya sekarang telah matang bagi Anda untyk bekerja demi kesejahteraan mahkul hidup. Anda harus pergi untuk memimpin vihara ini dan ini akan menjadi sumber dharma yang tidak ada habisnya, menyebarkan doktrin Nyingmapa."

 

Masing-masing pemegang tahta dan silsilah agung dari tradisi Palyul menjdadi terkenal sebagai Guru Besar Sutra, Tantra dan Ilmu Pengetahuan Luar dan Dalam. Para pemegang tahta berturut-turut dan Biksu di Biara Induk dan Cabang Palyul mempraktekkan kode etik vinaya sebagai displin dasar. Di atas landasan ini, latihan akar kedua , latihan pikiran dari kedneraan besar Mahayana yang disebut Bodhicutta ditempatkan. Para calon berlatih bodhicitta aspiratif dengan tujuan memberi manfaft kepada semua mahkluk. Daftar lengkap penelusuran Silsilah Palyul Dzogchen ada di sini. 

 

Tradisi praktik yang ditegakkan oleh para bhikkhu yang sangat disiplin ini telah menyebabkan Silsilah Palyul dikenal sebagai tradisi pencapaian.  Praktek pertama dalam tradisi ini adalah retreat praktek pendahuluan 30 hari. Kemudian dilanjutkan dengan 44 hari praktek Tummo Tsalung; 400.000 pengulangan dari praktek pendahuluan; transmisi 40 hari Togal; latihan Togal 40 hari cahaya jernih batin; latihan kegelapan selama 30 hari; pelatihan suara; keadaan mimpi dan alam murni. Masing masing praktek ini dilakukan sesuai dengan tingkat pemahaman dan realisasi praktisi. Pada akhir setiap level, ujian yang diberiakn harus dilalui sebelum melanjutkan ke level berikutnya. Ketika semua persyaratan terpenuhi, praktisi tersebut memenuhi persyaratan untuk mengikuti reteat tiga tahun.   

 

Selama retreat tiga tahun, pelafalan Tiga Akar (Lama, Yidam dan Khandro) dilakukan dan diselesaikan, diikuti dengan latihan Trekcho. Keberhasilan menyelesaikan reteat tiga tahun ditandai dengan pencapaian semua tanda pencapaian sejati setelah praktisi menerima penobatan dan gelar Vajra Acharya (Guru Tantra). Hanya pada saat ini praktisi diberikan wewenang penuh sebagai guru spritual (Lhama) yang berkualitas dengan potensi memberikan Abhisekha, ajaran, upacara dan praktek khusus umtuk tujuan memberikan manfaat kepada semua mahkluk. 

 

Pembetukan perilaku dan praktek tradisional murni yang sagat baik dalam tradisi Palyul ini pada awalnya karena kekuatan dan kabaikan dari Vidyadhara Kunzang Sherab yang Agung dan yang Welas Asih, aktifitas dan doanya yang tak terbayangkan berlanjut hingga hari ini.  

Three things cannot be long hidden: the sun, the moon, and the truth.

"Buddha"

Jadwal Acara

Copyright © 2016 - Palyul Nyingma Indonesia - All Rights Reserved

Pengunjung: 00955323