Indonesian Chinese (Simplified) English

Pengenalan Tibetan Buddhism

Wajrayana atau kadang ditulis Vajrayana, adalah suatu ajaran Buddha yang di Indonesia lebih sering dikenal dengan nama Tantra atau Tantrayana. Namun banyak juga istilah lain yang digunakan, seperti misalnya: mantrayana, ajaran mantra rahasia, ajaran Buddha eksoterik. Wajrayana adalah merupakan ajaran yang berkembang dari ajaran Buddha Mahayana, dan berbeda dalam hal praktek, bukan dalam hal fil...

Pengenalan Tentang Palyul

Apa itu palyul? Palyul adalah salah satu 6 Biara Induk ari Sekolah Nyingma atau Tradisi Terjemahan Awal dari Buddhisme Tibet. Biara ini didirikan pada tahun 1665 di Provinsi Kham, Tibet Timur (sekarang Baiyu, Sichuan, China) oleh Kunzang Sherab, Pemegang Tahta Pertama Palyul. His Holiness Karma Kuchen Rinpoche (kiri), Pemegang Tahta ke-12 adalah Pemimpin Silsilah Palyul saat ini. Sebagaimana ya...

Senin, 21 November 2016 14:13

Chod

Written by
Rate this item
(0 votes)

Penjelasan singkat tentang arti dan manfaat dari Chod

Secara umum, signifikasi dan manfaat dari Ritual Persembahan Chod dan Tubuh adalah sangat luas dan mendalam. Untuk menyampaikan maknanya dengan cara yang ringkas, dikatakan bahwa samsara adalah asal mula penderitaan dan penyebab penderitaan tersebut adalah dosa dan kekotoran batin kita sendiri yang dihasilkan oleh mementingkan diri sendiri. Karena itu, tanpa memusnahkan sifat mementingkan diri sendiri, seseorang tidak dapat menghindari penderitaan yang merupakan konsekuensi sebenarnya dari mementingkan diri. Umumnya ada banyak obyek yang menimbulkan pemikiran mementingkan diri dalam diri kita, namun diantaranya obyek utama yang menimbulkan sifat mementingkan diri yang kuat adalah tubuh kita sekarang yang kita hargai, jaga dan dianggap lebih berharga dibandingkan anak-anak, istri, kekayaan, nama dan ketenaran kita sendiri.

Jika seseorang mempersembahkan tubuhnya yang berharga kepada Tri Ratna dan bersumbangsih terhadap makhluk hidup dengan penuh cinta kasih maka melalui hal tersebut dapat menghilangkan atau memutuskan pemikiran mementingkan diri yang merupakan akar dari penderitaan. Itulah mengapa disebut Chod yang secara harafiah berarti memutuskan, dalam hal ini memutuskan akar penderitaan. Dengan cara ini, mempersembahkan tubuh sendiri adalah dimulai dengan mengundang atau memanggil seluruh Buddha, Bodhisattva, makhluk suci pribadi dan Pelindung Dharma dari sepuluh arah dan mempersembahkan tubuh sendiri dengan keyakinan dan pengabdian yang dalam dan akan lebih efektif daripada mempersembahkan kekayaan dan harta benda kita.

Berikutnya, dari kehidupan masa lalu kita sampai sekarang terdapat hutang karma yang telah kita perbuat terhadap orang lain dengan mengkonsumsi atau menggunakan kepemilikan orang lain atau mengambil kehidupan mereka dalam kehidupan masa lalu kita atau sekarang. Kita harus mengundang semua kreditur (mereka yang menyimpan kebencian terhadap kesehatan dan kepemilikan kita) sebagai tamu dan mempersembahkan tubuh kita dalam rangka membayar hutang karma kita kepada mereka. Dengan memuaskan mereka dengan mempersembahkan tubuh sendiri adalah lebih efektif daripada hanya mempersembahkan kekayaan dan kepemilikan.

Terakhir, seseorang harus mempersembahkan tubuh sendiri kepada dewa-dewa dan roh-roh jahat yang membahayakan dan selalu menginginkan daging, darah, nyawa dan sebagainya. Seseorang harus memanggil seluruh makhluk hidup karnivora dari alam neraka dan hantu kelaparan dan memuaskan mereka dengan mempersembahkan tubuh dengan ikhlas. Dengan melakukan hal tersebut, seseorang akan terbebas dari segala penyakit dan bahaya yang hendak mereka bawa dan menghilangkan seluruh halangan dan rintangan yang akan membantu memperpanjang rentang hidup kita dan memenuhi keinginan kita.

Secara khusus, Buddha telah menyebutkan dalam sutra bahwa mempersembahkan tubuh sendiri adalah kemurahan hati yang terbesar dan mengumpulkan manfaat yang besar dan lebih efektif dibandingkan mempersembahkan kekayaan dan harta milik seluruh dunia. Ini adalah kata-kata Buddha dan Bodhisattva dan karenanya kita harus mempertahankan keyakinan dan melakukan kegiatan menyeluruh demi orang lain dan diri sendiri.

Ditulis oleh Khenpo Khentse Norbu Rinpoche.

Dibaca 4706 kali
dalam kategori yang sama: Manfaat Inisiasi »

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Three things cannot be long hidden: the sun, the moon, and the truth.

"Buddha"

Jadwal Acara

Copyright © 2016 - Palyul Nyingma Indonesia - All Rights Reserved

Pengunjung: 02080189